Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menngunakan Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah 10 Tipes Kecamatan Serengan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

NUGEROHO, ERIX EKO (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menngunakan Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah 10 Tipes Kecamatan Serengan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (240kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah metode pembelajaran Sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Kecamatan Serengan Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran Sosiodrama. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes yang berjumlah 44 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal 40,90% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72,72% dan siklus II sebesar 88,63%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, sosiodrama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:32
Last Modified: 12 Sep 2012 12:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19894

Actions (login required)

View Item View Item