Studi Fenomenologis: Menguak Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Penyusunan Apbd Tahun Anggaran 2012 Di Pemerintah Kota Surakarta

Renato, Renato (2012) Studi Fenomenologis: Menguak Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Penyusunan Apbd Tahun Anggaran 2012 Di Pemerintah Kota Surakarta. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._naskah_publikasi_ilmiah.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana fenomena partisipasi masyarakat dan untuk menguji bagaimana peran Musrenbang bagi masyarakat dalam proses penyusunan APBD tahun 2012 di Kota Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi Pemerintah Kota Surakarta dalam pengevaluasian kegiatan penyusunan APBD yang melibatkan seluruh masyarakat Kota Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan setting ilmiah yang bertujuan menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagi metode yang ada. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif. Metode atau teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey yaitu wawancara tidak terstruktur. Hasil dari wawancara direalisasikan dalam bentuk catatan lapangan. Sumber data penelitian adalah dari para aparatur Pemerintah Kota Surakarta yang terjun langsung ke masyarakat untuk mengawal partisipasi dari masyarakat dalam proses penyusunan APBD Kota Surakarta tahun anggaran 2012 lewat forum Musrenbang menjadi informan dalam penelitian ini. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik snowball sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data secara induktif berdasarkan hasil wawancara dengan informan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui secara umum fenomena partisipasi masyarakat dalam proses penyusunan APBD di Kota Surakarta adalah secara normatif dapat dikatakan sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam UU no.25 tahun 2004. Musrenbang yang dilaksanakan mulai dari musyawarah di tingkat RT sampai musyawarah di tingkat Kota pun terlaksana dengan sangat baik. Tak ada perbedaan apapun dalam masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses penyusunan APBD. Dan pada kenyataan yang ada, Musrenbang mampu menjadi pesta demokrasi untuk masyarakat di Kota Surakarta dalam menyuarakan aspirasi untuk bersamasama membangunan Kota Surakarta menjadi lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fenomena, Musrenbang, Partisipasi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:25
Last Modified: 12 Sep 2012 10:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item