Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mengarang Bahasa Indonesia Pada Kelas V SDN 03 Sumberejo Tahun Ajaran 2011/2012

PERMATASARI, NIKEN (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mengarang Bahasa Indonesia Pada Kelas V SDN 03 Sumberejo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (502kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mengarang Bahasa Indonesia metode pembelajaran imajinatif. Jenis penelitin ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V dan guru kelas V SD Negeri 03 Sumberejo yang berjumlah 21 siswa\. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam membuat karangan dengan materi mengarang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar matematika siswa yang sebelumnya hanya 42,86%. Pada siklus 1 hasil belajar yang dicapai menjadi 62% dari 21 siswa dan 13 siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 86% dengan 18 siswa yang telah mencapai KKM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunan metode pembelajaran imajinatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat karangan materi mengarang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar mengarang, imajinatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:09
Last Modified: 12 Sep 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19891

Actions (login required)

View Item View Item