Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas IV SD Negri 1 Kebonharjo, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Yuliati, Titik (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas IV SD Negri 1 Kebonharjo, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (974kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKAS1.pdf

Download (701kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang mengenal globalisasi melalui metode numbered heads together siswa kelas IV SD Negeri Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada peningkatan hasil belajar PKn tentang mengenal globalisasi setelah dilaksanakan tindakan kelas dengan mengguanakan metode numbered heads together. Pada siklus 1 ada peningkatan dari nilai rata-rata (kondisi awal) 5,14 dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 8 siswa menjadi 18 siswa. Siklus II terjadi peningkatan dari 18 siswa menjadi 28 siswa. Berdasarkan simpulan, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa melalui metode numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar PKn tentang mengenal globalisasi pada siswa kelas IV SD Negeri Kebonharjo Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode numbered heads together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 06:50
Last Modified: 12 Sep 2012 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19876

Actions (login required)

View Item View Item