Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Guided Inquiry-Discovery Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Karangayar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Rahmawati, Novia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Guided Inquiry-Discovery Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Karangayar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (711kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._ARTKEL.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode guided inquiry-discovery dalam peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus.Tiap siklus terdiri 4 tahapan, yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi,tes,observasi dan wawancara. Validitas Data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan terbukti dengan rata-rata hasil belajar IPA yang dicapai siswa pada pra tindakan 65,28 dengan ketuntasan 52,38 %,pada siklus I meningkat menjadi 72,90 dengan ketuntasan 71,42 % dan siklus II terjadi peningkatan secara signifikan yaitu 79,57 dengan ketuntasan 90,46 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode guided inquiry-discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, guided inquiry-discovery
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 06:35
Last Modified: 12 Sep 2012 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19875

Actions (login required)

View Item View Item