Kontribusi Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sdn 02 Jungke Tahun Ajaran 2011/2012

INDAH SAYEKTI, PINA (2012) Kontribusi Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sdn 02 Jungke Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_stev.pdf

Download (449kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (193kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan dan kemajuan suatu bangsa sangat erat hubungannya dengan pendidikan. Untuk mencapai prestasi dan kualitas pembelajaran yang tinggi perlu adanya kerja keras dan disiplin yang harus dijadikan sebagai pedoman dalam implementasi kurikulum dan pembelajaran. Harus diperhatikan dalam mensukseskan pembelajaran adalah dengan mendisiplinkan peserta didik. Disiplin adalah kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan atau pengendalian. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “1). Apakah ada kontribusi kelengkapan fasilitas belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Jungke Tahun Pelajaran 2011/2012?. 2). Apakah ada kontribusi motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Jungke Tahun Pelajaran 2011/2012?. 3). Apakah ada kontribusi kelengkapan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Jungke Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 siswa, 12 siswa putra dan 14 siswa putri kelas V semester II SDN 02 Jungke tahun ajaran 2011/2012. Data dikumpulkan melalui metode angket, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelengkapan fasilitas belajar dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap kedisiplinan belajar sebesar 29,09%. Kontribusi variabel kelengkapan fasilitas belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 7,88%. Kontribusi variabel motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 21,21%. Kesimpulan yang diperoleh dalam peneltian ini adalah bahwa kelengkapan fasilitas belajar dan motivasi belajar memberikan kontribusi terhadap kedisiplinan belajar sebesar 29,09%. Variabel kelengkapan fasilitas belajar memberikan kontribusi terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 7,88%. Variabel motivasi belajar juga memberikan kontribusi terhadap kedisiplinan belajar siswa sebesar 21,21%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan fasilitas belajar, motivasi belajar siswa, kedisiplinan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:57
Last Modified: 11 Sep 2012 12:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item View Item