Pengaruh Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Keterandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Kota Dan Kabupaten (Studi Empiris Sekarisidenan Surakarta)

Sari, Astuti Purnama (2012) Pengaruh Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Keterandalan Dan Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Kota Dan Kabupaten (Studi Empiris Sekarisidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (508kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (BAb IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
JURNAL.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sumber daya manusia dengan keterandalan dan ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah, menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dengan keterandalan dan ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah, dan menganalisis pengaruh pengendalian intern dengan keterandalan dan ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah. Jenis penelitian pada penelitian yang dilakukan ini yaitu jenis penelitian empiris yang dilakukan di Kabupaten Sekarisidenan Surakarta. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (Adj. R2). Populasi dari Penelitian ini adalah pengelola bagian akuntansi/penatausahaan keuangan pada DPPKAD di Kabupaten Pemerintah Daerah Sekarisidenan Surakarta, sedangkan sampel penelitian adalah 113 pengelola bagian akuntansi/penatausahaan keuangan pada DPPKAD di Kabupaten Pemerintah Daerah Sekarisidenan Surakarta dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) pengaruh kapasitas sumber daya manusia terhadap keterandalan laporan keuangan diperoleh nilai thitung sebesar 0,385 dan p-value sebesar 0,701, sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap keterandalan laporan keuangan. Sedangkan pengaruh kapasitas sumber daya manusia terhadap ketepatwaktuan laporan keuangan diperoleh nilai thitung sebesar 3,552 dan p-value sebesar 0,001; sehingga berpengaruh signifikan terhadap ketepatwaktuan laporan keuangan; 2) pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap keterandalan laporan keuangan diperoleh nilai thitung sebesar -0,249 dan p-value sebesar 0,804. Karena nilai p>0,05, maka tidak berpengaruh signifikan terhadap keterandalan laporan keuangan. Sedangkan pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap ketepatwaktuan laporan keuangan diperoleh nilai thitung sebesar 2,231 dan p-value sebesar 0,028; sehingga berpengaruh signifikan terhadap ketepatwaktuan laporan keuangan; dan 3) Pengaruh pengendalian intern akuntansi terhadap keterandalan laporan keuangan diperoleh nilai thitung sebesar 12,032 dan p-value sebesar 0,000. Karena nilai p<0,05, sehingga berpengaruh signifikan terhadap keterandalan laporan keuangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kapasitas sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi,pengendalian intern akuntansi, keterandalan laporan keuangan danketepatwaktuan laporan keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:53
Last Modified: 11 Sep 2012 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19867

Actions (login required)

View Item View Item