Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources(Talular) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Sedayu - Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012

WIJAYANTI, SRI (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources(Talular) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Sedayu - Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (965kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (714kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 3 Sedayu-Grobogan tahun pelajaran 2011/2012 melalui pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources (TALULAR). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Sedayu yang berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas isi instrumen diperiksa dengan menggunakan triangulasi teknik. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan dengan naiknya motivasi belajar siswa dari 12,31% pada saat sebelum tindakan (pra siklus) menjadi 75,61% pada saat setelah dilakukannya tindakan. Sedangkan peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan naiknya nilai rata-rata kelas siswa dari 61 pada pra siklus menjadi 82,07 pada saat setelah diberikan tindakan kelas. Dengan demikian kenaikan hasil belajar siswa adalah sebesar 34,61%. Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources (TALULAR)dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 3 Sedayu-Grobogan tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, pendekatan teaching and learning using locally available resources.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:49
Last Modified: 11 Sep 2012 12:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19866

Actions (login required)

View Item View Item