Persepsi Siswa Terhadap Budaya Batik Dan Upaya Guru Memperkenalkan Batik Sebagai Bentuk Warisan Budaya Indonesia Kepada Siswa Kelas V Sekolah Dasarnegeri Sonorejo1 Blora Tahun Pelajaran 2011/2012

AFRIYANTO, WAWAN (2012) Persepsi Siswa Terhadap Budaya Batik Dan Upaya Guru Memperkenalkan Batik Sebagai Bentuk Warisan Budaya Indonesia Kepada Siswa Kelas V Sekolah Dasarnegeri Sonorejo1 Blora Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (612kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukMendeskripsikanPersepsi Siswa terhadap Budaya Batik dan Upaya Guru memperkenalkan Batik sebagai bentuk Warisan Budaya Indonesia, tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri 1 Blora kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012 Sumber data adalah guru dan siswa kelas V,Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)persepsi siswa terhadap budaya batik yaitu (a) siswa bangga, dan siswa tidak malu memakai seragam batik,(b) siswa berkeinginan untuk bisa membatik, (c) siswa senang diajak ke perkampungan batik. (2) Upaya Guru dalam memperkenalkan Batik Sebagai Bentuk Warisan Budaya Indonesia yaitu dengan (a) Gurumemberikan materi dalam pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan tentang macam seni dan budaya Indonesia, (b) memberikan contoh penerapan langsung kepada siswa dengan memakai seragam batik setiap hari Jum’at dan hari Sabtu,(c) mengajak siswa karyawisata ke perkampungan batik, (3)Pemahaman siswa terhadap budaya batik yaitu (a) Siswa tidak malu memakai seragam batik, (b) siswa senang dengan pelajaran yang berhubungan dengan budaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa,upaya guru ,warisan budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:40
Last Modified: 11 Sep 2012 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19864

Actions (login required)

View Item View Item