Kualitas Fruitghurt Hasil Fermentasi Limbah Nanas (Ananas comosus) Dengan Penambahan Lactobacillus bulgaricus Pada Konsentrasi Yang Berbeda

Puspita, Candra Puri (2012) Kualitas Fruitghurt Hasil Fermentasi Limbah Nanas (Ananas comosus) Dengan Penambahan Lactobacillus bulgaricus Pada Konsentrasi Yang Berbeda. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (699kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL_SKRIPSI.pdf

Download (608kB)

Abstract

Fruitghurt merupakan produk fermentasi sari buah. Penelitian ini menggunakan sari limbah hati nanas sebagai bahan utama pembuatan fruitghurt dan menggunakan starter Lactobacillus bulgaricus. Kandungan glukosa yang masih cukup tinggi (2,32%) dalam limbah hati nanas merupakan salah satu komponen utama dalam fermentasi asam laktat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas fruitghurt limbah nanas dengan penambahan Lactobacillus bulgaricus pada konsentrasi yang berbeda. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktor tunggal. Faktor tersebut yaitu pemberian konsentrasi Lactobacillus bulgaricus yang berbeda dengan 4 taraf perlakuan 3 kali ulangan. Masing-masing perlakuan menggunakan konsentrasi 0% (tanpa Lactobacillus bulgaricus sebagai kontrol), 1%, 2% dan 3%. Analisis data secara kuantitatif untuk menguji kadar vitamin C dan deskriptif kualitatif untuk menguji organoleptik dengan penilaian 20 panelis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penambahan Lactobacillus bulgaricus 3% mempunyai rata-rata kadar vitamin C tertinggi sebesar 1,48%. Dari hasil statistik disimpulkan bahwa pemberian konsentrasi Lactobacillus bulgaricus yang berbeda sangat berpengaruh terhadap kadar vitamin C fruitghurt limbah nanas (signifikan). Hasil uji organoleptik berupa data angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi Lactobacillus bulgaricus yang berbeda sangat berpengaruh terhadap kualitas organoleptik fruitghurt limbah nanas. Fruitghurt limbah nanas yang paling diterima pada pemberian konsentrasi Lactobacillus bulgaricus 3% dari 250 ml sari limbah nanas (perlakuan F3) yaitu warna kuning, rasa enak, aroma agak khas fruitghurt, tekstur kurang kental, dan daya terima suka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hati nanas, fruitghurt, Lactobacillus bulgaricus, uji vitamin C, uji organoleptik
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:24
Last Modified: 11 Sep 2012 12:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19856

Actions (login required)

View Item View Item