Peningkatan Keterampilan Menyimak Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Karanganyar 02 Tahun Ajaran 2011/2012

PUSPITOSARI, GALIH (2012) Peningkatan Keterampilan Menyimak Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Karanganyar 02 Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.HAL_DEPAN.pdf

Download (724kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada pelajaran bahasa Indonesia melalui media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 02 yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menyimak siswa pada pelajaran bahasa Indonesia. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 58,95 dengan ketuntasan belajar 47%, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 59,60 dengan ketuntasan belajar 59,58%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 62,10 dan ketuntasan belajar 73,68%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V SD Negeri Karanganyar 02 tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak, audio visual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Sep 2012 11:00
Last Modified: 11 Sep 2012 13:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19849

Actions (login required)

View Item View Item