Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) Di Surakarta (Survei Pada Perguruan Tinggi di Surakarta)

Nisa, Nur Amalia Khoirun (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) Di Surakarta (Survei Pada Perguruan Tinggi di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (440kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas, motivasi sosial dan persepsi terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Penelitian ini merupakan survei yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi program studi Akuntansi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi program studi Akuntansi pada PTN dan PTS di Surakarta yang telah menempuh mata kuliah auditing dengan pertimbangan bahwa mahasiswa tersebut sudah mampu merencanakan karir ke depan setelah lulus dari Fakultas Ekonomi program studi Akuntansi. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling yaitu pengambilan sampel secara kebetulan yang ditemui oleh peneliti dengan sampel 68 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan metode kuesioner yang diberikan secara langsung kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi program studi Akuntansi pada PTN dan PTS di Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi karir berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) diperoleh nilai thitung 5,808 > dari nilai ttabel (1,98) atau nilai p value 0,000 < 0,05. Motivasi ekonomi berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dengan nilai thitung 2,831 > dari nilai ttabel (1,98) atau nilai p value 0,006 < 0,05. Motivasi kualitas berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dengan nilai thitung 3,420 > dari nilai ttabel (1,98) atau nilai p value 0,001 < 0,05. Motivasi sosial berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dengan nilai thitung 2,332 > dari nilai ttabel (1,98) atau nilai p value 0,023 < 0,05. Persepsi berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dengan nilai thitung 2,327 > dari nilai ttabel (1,98) atau nilai p value 0,023 < 0,05. Oleh karena itu H5 terdukung secara statistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi kualitas, motivasi sosial,persepsi dan minat mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 11 Sep 2012 10:57
Last Modified: 11 Sep 2012 13:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19848

Actions (login required)

View Item View Item