Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode “Two Stay Two Stray” (Tsts) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro Tahun Ajaran 2011/2012

MUSLIM, ROBI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode “Two Stay Two Stray” (Tsts) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 02 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (BabI)
BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (223kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran Two Stay Two Stray bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 02 Jatiharjo tahun 2012. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari kondisi awal 60,00 menjadi 75,77 pada siklus I dan 84,23 pada siklus ke II. (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 31%, pada tes siklus I 62% dan pada silkus ke II menjadi 92%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Jatiharjo Kecamatan Jatipuro tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan hasil belajar siswa, two stay two stray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Sep 2012 10:31
Last Modified: 11 Sep 2012 13:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item View Item