Penerapan Metode Balajar Tuntas ( Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Astuti, Rini (2012) Penerapan Metode Balajar Tuntas ( Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (980kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (680kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah metode pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan keterampilan mengarang pada siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 Kecamatan Sambirejo Kota Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan mengarang pada siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran Mastery Learning. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 yang berjumlah 26 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal 53,84% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 76,92% dan siklus II sebesar 100%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan keterampilan mengarang sederhana siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan mengarang, Mastery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Sep 2012 09:22
Last Modified: 11 Sep 2012 09:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19833

Actions (login required)

View Item View Item