UMS ETD-db

Penerapan Metode Balajar Tuntas ( Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Astuti, Rini (2012) Penerapan Metode Balajar Tuntas ( Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
980kB
[img]
Preview
PDF (Bab I)
23kB
[img] PDF (Bab II)
Restricted to Repository staff only

95kB
[img] PDF (Bab III)
Restricted to Repository staff only

38kB
[img] PDF (Bab IV)
Restricted to Repository staff only

106kB
[img] PDF (Bab V)
Restricted to Repository staff only

16kB
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9kB
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

11MB
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
680kB

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah metode pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan keterampilan mengarang pada siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 Kecamatan Sambirejo Kota Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan mengarang pada siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran Mastery Learning. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 yang berjumlah 26 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal 53,84% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 76,92% dan siklus II sebesar 100%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mastery Learning dapat meningkatkan keterampilan mengarang sederhana siswa kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A510080116
Uncontrolled Keywords:keterampilan mengarang, Mastery Learning
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ID Code:19833
Deposited By: Mulyadi Mulyadi
Deposited On:11 Sep 2012 09:22
Last Modified:11 Sep 2012 09:22

Repository Staff Only: item control page