Pengaruh Penerapan Strategi Student Team Achievement Divisions (Stad) Dengan Strategi Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 4 Selogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Jayanti, Norma Wika (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Student Team Achievement Divisions (Stad) Dengan Strategi Make A Match Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 4 Selogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_SRIPSI.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (90kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menerapkan strategi Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan strategi Make a Match materi Pengelolaan Lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Selogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan antara strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan strategi pembelajaran Make a Match. Parameter penelitian diukur dengan menggunakan aspek kognitif dan afektif. Sampel diambil secara purposive sampling yang terdiri dari 3 kelas yaitu VIIA, VIIB, dan VIIC. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan kedua strategi yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions (80,60) dan rata- rata kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Make a Match (73,6). Hasil analisis data bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai probabilitas 0.035 < 0.05 yaitu terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions dan strategi pembelajaran Make a Match pada pokok materi Pengelolaan Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 4 Selogiri Tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Student Team Achievement Divisions, strategi Make a Match, purposive sampling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Sep 2012 07:28
Last Modified: 11 Sep 2012 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19828

Actions (login required)

View Item View Item