Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Membuat Denah Dan Peta Melalui Media Peta Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Ngargoyoso Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010

Dhaniati , Fitria (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Membuat Denah Dan Peta Melalui Media Peta Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Ngargoyoso Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1-HALAMAN_DEPAN_FITRIA_DANIATI.pdf

Download (649kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2-BAB_01-FITRIA_DANIATI.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
3-BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
4-BAB_03-FITRIA_DANIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
5-BAB_04-FITRIA_DANIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
6-BAB_05-FITRIA_DANIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7-BAB_DAFTAR_PUSTAKA-FITRIA_DANIATI.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
8-BAB_LAMPIRAN-FITRIA_DANIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH-PUBLIKASI_JURNAL-FITRIA-PGSD.pdf

Download (572kB)

Abstract

Selama ini pengajaran pendidikan IPS lebih banyak dilakukan di kelas dengan hanya berpedoman pada buku-buku pendamping saja, siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan yang sebenarnya. Kurang diminatinya pelajaran IPS karena proses pembelajarannya hanya di dalam kelas dan metode pembelajaran kurang bervariasi. Observasi awal dan diskusi dengan guru kelas III SDN Ngargoyoso 03 Karanganyar yang dilakukan melalui pengamatan saat pembelajaran diketahui rendahnya hasil belajar siswa dalam mengingat sebagai komponen pemahaman konsep dan rendahnya keaktifan dan kerjasama siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi membuah denah dan peta lingkungan pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Ngargoyoso semester I tahun pelajaran 2009/2010 melalui pemanfaatan media peta Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 03 Ngargoyoso Karanganyar pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Alat analisis data yang digunakan dengan analisis per siklus dengan indikator kinerja 73% dari hasil belajar tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui dari hasil analisis data diketahui perolehan nilai Pra Siklus, siswa yang memperoleh nilai ketuntasan ada 6 siswa (46,15%), yang belum tuntas ada 7 siswa (53,85%). Perolehan nilai Siklus I siswa yang memperoleh nilai tuntas sama yaitu ada 6 siswa (46,15%), yang belum tuntas ada 7 siswa (53,85%). Perolehan nilai Siklus II siswa yang memperoleh nilai ketuntasan bertambah menjadi 9 siswa (69,23%), yang belum tuntas ada 4 siswa (30,77%). Perolehan nilai Siklus III siswa yang memperoleh nilai ketuntasan bertambah menjadi 13 siswa (100%) sehingga semuanya tuntas. Hal ini menunjukan suatu keberhasilan dari penggunaan media peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Membuat Denah dan Peta siswa kelas III SD Negeri 3 Ngagoyoso tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran IPS, Media peta
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Sep 2012 05:47
Last Modified: 11 Sep 2012 05:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19814

Actions (login required)

View Item View Item