Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Questions Pada Siswa Kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Handayani, Handayani (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Questions Pada Siswa Kelas VII SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL.pdf

Download (451kB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan menggunakan strategi Learning Starts with a Questions dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Biologi perihal materi Ekosistem pada siswa kelas VIIB SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah meningkatknya keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Biologi perihal materi Ekosistem dengan menggunakan strategi Learning Starts with a Questions pada siswa kelas VIIB SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian aspek kognitif yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan siswa disetiap siklus. Dalam siklus I mempunyai nilai hasil rata-rata ulangan 66,48, siklus II adalah 72,40. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Adanya peningkatan hasil belajar melalui Learning Starts with a Questions dalam pelajaran Biologi perihal materi Ekosistem pada siswa kelas VIIB SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Learning Starts with a Questions.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2012 11:11
Last Modified: 10 Sep 2012 11:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19803

Actions (login required)

View Item View Item