Pemanfaatan Susu Sapi Untuk Pembuatan Keju Tradisional Dengan Penambahan Ekstrak Daun Pandan (Pandanus amaryllifolius) Terhadap Protein, Asam Total, Organoleptik Dan Daya Terima Masyarakat

Rustina, Wimba Widya (2012) Pemanfaatan Susu Sapi Untuk Pembuatan Keju Tradisional Dengan Penambahan Ekstrak Daun Pandan (Pandanus amaryllifolius) Terhadap Protein, Asam Total, Organoleptik Dan Daya Terima Masyarakat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (15MB)

Abstract

Keju yang hanya memanfaatkan susu sapi saja menyebabkan masyarakat jarang mengkonsumsi keju karena merasa mual dan aroma yang amis sehingga keju kurang diminati. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan susu sapi untuk pembuatan keju tradisional dengan penambahan ekstrak daun pandan terhadap kadar protein, asam total, organoleptik dan daya terima masyarakat. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen, dengan jumlah perlakuan sebanyak 4 yaitu tanpa penambahan ekstrak daun pandan, dengan penambahan ekstrak daun pandan 10 mℓ, dengan penambahan ekstrak daun pandan 15 mℓ, dan dengan penambahan ekstrak daun pandan 20 mℓ. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA satu jalan dan dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar protein tertinggi pada perlakuan tanpa penambahan ekstrak daun pandan yaitu 23,16 g, asam total 2,40%, organoleptik 80% warna putih, 95% rasa kurang enak, 85% berbau khas keju, 70% tekstur empuk dan daya terima netral. Dari hasil uji ANNAVA satu jalur, kadar protein diperoleh hasil Fhit > Ftabel yakni 35,79 > 4,006 yang berarti ada pengaruh dilanjutkan dengan uji lanjut LSD dapat disimpulkan bahwa penambahan ekstrak daun pandan berpengaruh terhadap kadar protein keju tradisional yang ditambah dengan daun pandan yaitu pada perlakuan susu sapi 200 mℓ di tambah ekstrak daun pandan sebanyak 10 mℓ (P1), sedangkan asam total diperoleh hasil Fhit < Ftabel yakni 2,49 < 4,006 yang berarti tidak berpengaruh pada keju tradisional yang ditambah dengan daun pandan. Dengan demikian penambahan ekstrak daun pandan pada keju tradisional mempengaruhi kadar protein, asam total, organoleptik dan daya terima masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: susu sapi, keju tradisional, daun pandan,
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2012 07:45
Last Modified: 10 Sep 2012 07:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19800

Actions (login required)

View Item View Item