Pemanfaatan Susu Kambing Etawa Dan Kedelai Dalam Pembuatan Dangke Keju Khas Indonesia Dengan Koagulan Ekstrak Jeruk Nipis

Niswah, Fathun (2012) Pemanfaatan Susu Kambing Etawa Dan Kedelai Dalam Pembuatan Dangke Keju Khas Indonesia Dengan Koagulan Ekstrak Jeruk Nipis. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (BAb V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.__Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dangke adalah makanan tradisional yang rasanya mirip dengan keju, namun tampilan dan teksturnya mirip dengan tahu yang berwarna putih bersih hingga kekuningan. Bahan dasar pembuatan dangke umumnya menggunakan susu kerbau, karena terbatasnya susu kerbau dipakai susu kedelai dan susu kambing etawa sebagai bahan dasar dangke. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam bahan dasar pembuatan dangke yang berbeda terhadap kandungan protein, lemak, asam total, uji organoleptik (warna, rasa, aroma dan tekstur) dan daya terima masyarakat. Metode yang digunakan adalah eksperimen, kepustakaan, dan dokumentasi dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor yaitu kombinasi konsentrasi susu kambing etawa dan konsentrasi susu kedelai dengan perlakuan K1E0 (100% susu kedelai), K0E1 (100% susu kambing etawa), K1E1 (50% susu kedelai : 50% susu kambing etawa), K8E2 (80% susu kedelai : 20% susu kambing etawa), dan K2E8 (20% susu kedelai : 80% susu kambing etawa) serta 3 kali ulangan. Teknik pengumpulan data menguji kandungan protein yaitu dengan menggunakan alat berupa spektrofotometer, metode yang digunakan dalam analisis kadar lemak adalah metode angka penyabunan, Pengukuran Asam total dengan metode titrasi asam basa, dan Pengujian organoleptik dan daya terima masyarakat dilakukan oleh panelis sebanyak 10-20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dangke terbaik terbuat dari susu kambing etawa dan susu kedelai dengan perbandingan 80% : 20% menghasilkan kadar protein 20,30 g, kadar lemak 7,53%, dan asam total 8,29%. Kualitas dangke yang baik adalah warna kekuningan (krem), tidak berbau amis, rasa enak dan tekstur empuk atau lembut. Daya terima masyarakat terhadap dangke yang banyak disukai pada 100% susu kedelai dan 20% susu kambing etawa dengan 80% susu kedelai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dangke, susu kedelai, susu kambing etawa, kualitas dangke
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2012 06:35
Last Modified: 10 Sep 2012 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19795

Actions (login required)

View Item View Item