Pemanfaatan Daun Stevia (Stevia Rebaudiana) Sebagai Pemanis Alami Terhadap Kualitas Organoleptik Dan Kadar Gula Total Bolu Kukus

Maretta , Viska (2012) Pemanfaatan Daun Stevia (Stevia Rebaudiana) Sebagai Pemanis Alami Terhadap Kualitas Organoleptik Dan Kadar Gula Total Bolu Kukus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (657kB)

Abstract

Tanaman Stevia (Stevia rebaudiana) merupakan tanaman perdu yang dapat menghasilkan rasa manis 200-300 kali dari sukrosa tetapi tidak manghasilkan kalori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan daun stevia sebagai pemanis alami terhadap kualitas organoleptik dan kadar gula total bolu kukus. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Biologi dan Laboratorium Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari satu faktor dengan tiga perlakuan yaitu pembuatan bolu kukus dengan gula pasir 100 g, pembuatan bolu kukus dengan gula pasir 50 g dicampur gula stevia 0,15 g, dan pembuatan bolu kukus dengan gula stevia 0,30 g, masing-masing perlakuan diberi 3 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis kuantitatif dengan metode Friedman dan secara kualitatif dengan uji organoleptik, uji daya terima, dan uji kadar gula total. Parameter penelitian adalah kualitas organoleptik bolu kukus yang dilihat dari uji pembeda dan uji kesukaan yang meliputi tampilan bolu, tekstur, warna, aroma, dan rasa serta kadar gula total pada bolu kukus yang dilihat dari uji Metode Luff Schoorl. Berdasarkan hasil rata-rata uji kesukaan, bolu kukus yang dibuat dengan bahan dasar gula pasir skornya 3,23 (panelis agak suka); bolu kukus dengan bahan dasar campuran gula pasir dan gula stevia skornya 2,65 (panelis kurang suka); dan bolu kukus yang dibuat dari gula stevia murni skornya 2,13 (panelis kurang suka). Berdasarkan hasil rata-rata uji organoleptik, bolu kukus yang dibuat dengan bahan dasar gula pasir skornya 3,52 (panelis agak suka;) bolu kukus dengan bahan dasar campuran gula pasir dan gula stevia skornya 2,88 (panelis kurang suka); dan bolu kukus yang dibuat dari gula stevia murni skornya 2,13 (panelis kurang suka). Kadar gula total bolu kukus dengan bahan dasar gula pasir memiliki kadar gula tertinggi yaitu 8,13 %, bolu kukus dengan bahan dasar campuran gula pasir dan gula stevia memiliki kadar gula yaitu 4,02%, terendah adalah bolu kukus dengan bahan dasar gula stevia dengan kadar gula yaitu 0,78%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa daun stevia dapat dimanfaatkan sebagai pemanis alami terhadap kadar gula total bolu kukus, tetapi belum dapat diterima masyarakat dalam uji organoleptik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stevia rebaudiana, Bolu Kukus, Gula, Uji Organoleptik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Sep 2012 09:55
Last Modified: 07 Sep 2012 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19787

Actions (login required)

View Item View Item