Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A Di SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Sejati, Nila Ayu (2012) Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII A Di SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang diharapkan terjadi adalah suatu proses yang dapat mengembangkan potensi-potensi siswa secara menyeluruh dan terpadu. Pada observasi awal kelas VIIA SMP Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2011/2012 selama pembelajaran di temukan kelemahan-kelemahan, maka dari itu perlu adanya suatu tindakan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIA SMP Ta'mirul Islam tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Make a macth. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif dan nilai afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata – rata keaktifan siswa pada siklus I adalah 2,59 dari nilai tertinggi 4 (cukup berminat). Rata - rata keaktifan siswa pada siklus II adalah 2.88 dari nilai tertinggi 4 (berminat). Rata – rata hasil belajar pada prasiklus adalah 6.31sedangkan pada siklus I meningkat sebesar 6.42 dan siklus II meningkat 8.19. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Make a macth untuk meningkatkan keaktifan hasil belajar siswa biologi SMP Ta’mirul Islam Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: make a macth, keaktifan, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Sep 2012 09:42
Last Modified: 07 Sep 2012 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19783

Actions (login required)

View Item View Item