Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo)

Sidiq, Muhamad (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Segi Empat) Melalui Penerapan Model Participative Teaching And Learning (PTK di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Participative Teaching and Learning. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Gatak Sukoharjo sejumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi aspek : (1) bertanya dengan bahasa yang tepat 10% diakhir tindakan 70%, (2) menjawab pertanyaan (latihan mandiri) dengan tepat 5% diakhir tindakan 75%, (3) keaktifan siswa bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 80%, (4) aktif menanggapi kelompok yang presentasi sebelum tindakan 10% diakhir tindakan 70%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Participative Teaching and Learning (Participatory Learning) mengandung arti ikut sertanya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Keikusertaan peserta didik itu diwujudkan dalam tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan program (program planning), pelaksanaan (program implementation), dan penilaian (program evaluation) kegiatan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran Participative Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Participative Teaching and Learning, keaktifan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 07 Sep 2012 06:44
Last Modified: 07 Sep 2012 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19781

Actions (login required)

View Item View Item