Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Time Token Arends 1998 Dengan Evaluasi Model Superitem Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Al Ma’arif Jepara)

Nikmah, Wachidatun (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Time Token Arends 1998 Dengan Evaluasi Model Superitem Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Al Ma’arif Jepara). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (874kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika siswa melalui strategi pembelajaran Time Token Arends 1998 dengan evaluasi model superitem pada pokok bahasan segitiga dan segiempat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek yang melakukan tindakan ini yaitu peneliti bekerjasama dengan guru matematika dan subyek yang dikenai tindakan yaitu siswa kelas VII A SMP Al Ma’arif Jepara. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode pokok (observasi dan tes) dan metode bantu (catatan lapangan dan dokumentasi). Teknik analisis data dengan menggunakan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segitiga dan segiempat, hal ini dapat dilihat dari: 1) Keberanian siswa dalam bertanya sebelum penelitian 12,82% setelah penelitian 55,26%, 2) Keberanian siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasan sebelum penelitian 5,13% sesudah penelitian 28,95%, 3) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum penelitian 15,38%, sesudah penelitian 36,84%, 4) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan sebelum penelitian 12,82% sesudah penelitian 68,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Time Token Arends 1998 dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Sep 2012 09:33
Last Modified: 06 Sep 2012 09:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19768

Actions (login required)

View Item View Item