Penerapan Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Dengan Media Bangun Ruang Guna Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 2 Geyer Tahun Ajaran 2011 / 2012 (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIb SMP N 2 Geyer)

Nugroho, Dwi Styanto (2012) Penerapan Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Dengan Media Bangun Ruang Guna Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 2 Geyer Tahun Ajaran 2011 / 2012 (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIb SMP N 2 Geyer). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Geyer tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb SMP Negeri 2 Geyer yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari indikator : 1) Banyaknya siswa yang berani mengemukakan pendapat sebelum diberi tindakan sebanyak 4 siswa (13,33 %), setelah dilakukan tindakan menjadi 19 siswa (63,33 %). 2) Banyaknya siswa yang berani menjawab pertanyaan sebelum diberi tindakan sebanyak 5 siswa (16,66 %), setelah dilakukan tindakan menjadi 20 siswa (66,66 %). 3) Banyaknya siswa dalam membuat kesimpulan sebelum dilakukan tindakan sebanyak 3 siswa (10 %), setelah dilakukan tindakan menjadi 18 siswa (60 %). Jumlah siswa yang tuntas dengan nilai ³ KKM (70) sebelum diberi tindakan sebanyak 18 siswa (60 %), setelah diberi tindakan menjadi 27 siswa (90 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) dengan media bangun ruang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: outdoor learning, media bangun ruang, minat belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 06 Sep 2012 06:48
Last Modified: 06 Sep 2012 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19758

Actions (login required)

View Item View Item