Implementasi Model Pembelajaran Matematika Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012)

Lusiyani, Ina (2012) Implementasi Model Pembelajaran Matematika Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_awal.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
nasbuk_ina_ok.pdf

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pemberi tindakan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP N 2 Gatak yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan berpikir kritis dan kreatif : 1) kemampuan siswa dalam membuktikan suatu pernyataan sebelum tindakan 17,5% dan di akhir tindakan 56,25%, 2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 12,5% dan di akhir tindakan 75%, 3) kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan gagasan sebelum tindakan 10% dan di akhir tindakan 68,75%, 4) kemampuan siswa dalam menarik kesimpulan sebelum tindakan 5% dan di akhir tindakan 62,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan implementasi model pembelajaran matematika Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dengan memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis dan kreatif, Barang bekas, Media pembelajaran, Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Sep 2012 09:34
Last Modified: 05 Sep 2012 09:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19752

Actions (login required)

View Item View Item