Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) (PTK di SMP Negeri 2 Mojosongo Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Pada Siswa Kelas VII A Tahun 2011/2012

Astuti, Sri Wahyu (2012) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) (PTK di SMP Negeri 2 Mojosongo Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Pada Siswa Kelas VII A Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (710kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dengan menerapkan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan yaitu siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Mojosongo yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan metode alur. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan siswa bekerjasama sebelum tindakan 17,56% dan di akhir tindakan 75%, 2) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal sebelum tindakan 35,71%, dan di akhir tindakan 78,57%, 3) kemampuan siswa dalam memberikan tanggapan (keberanian mengajukan ide) sebelum tindakan 21,43%, dan di akhir tindakan 77,43%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematika, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Sep 2012 08:53
Last Modified: 05 Sep 2012 08:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19747

Actions (login required)

View Item View Item