Implementasi Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SMP-LB Tunagrahita (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII C SLB Negeri Surakarta)

Anggresiya, Tiara (2012) Implementasi Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SMP-LB Tunagrahita (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII C SLB Negeri Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (581kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran-lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (343kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir siswa tunagrahita melalui metode pembelajaran quantum learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIC SLB Negeri Surakarta yang berjumlah 9 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan berpikir matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kemampuan berpikir matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan berpikir matematika meliputi: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 22,22 %, putaran I 33,33 %, putaran II 55,56 %, dan di akhir tindakan 77,78 %, 2) melakukan perhitungan dengan cepat sebelum tindakan 22,22 %, putaran I 33,33 %, putaran II 66,67 %, dan di akhir tindakan 77,78 %, 3) menjawab soal dengan cara yang benar sebelum tindakan 22,22 %, putaran I 44,44 %, putaran II 66,67 %, dan di akhir tindakan 77,78%. Selain itu, terdapat peningkatan sikap menyukai matematika. Siswa yang menyukai matematika sebelum tindakan 33,33 %, putaran I 44,44 %, putaran II 66,67 %, dan di akhir tindakan 88,89 %, Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode pembelajaran quantum learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematika tunagrahita dan sikap menyukai matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir matematika, quantum learning, tunagrahita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Sep 2012 07:08
Last Modified: 05 Sep 2012 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item View Item