Penerapan Metode Snowball Drilling Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika (PTK di Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012)

Fitria, Aisah Amini (2012) Penerapan Metode Snowball Drilling Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika (PTK di Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_komplit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_2.pdf

Download (583kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan peningkatan partisipasi siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Snowball Drilling, 2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa setelah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Snowball Drilling. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Muhammadiyah I Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa terhadap pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Hal itu dapat dilihat dari 1) Keberanian mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 12,9%, dan di akhir tindakan mencapai 45,16%. 2) Mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 19,35%, dan di akhir tindakan mencapai 41,93%. 3) Keberanian menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan sebesar 16,13%, dan di akhir tindakan mencapai 51,61%. 4) Keberanian siswa menanggapi jawaban siswa lain sebelum tindakan sebesar 16,13%, dan di akhir tindakan mencapai 41,93%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 60%, sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 96,77%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Snowball Drilling dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Prestasi, Snowball
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Sep 2012 06:46
Last Modified: 05 Sep 2012 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item View Item