Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penerapan Metode Pemberian Tugas Dan Pemanfaatan Waktu Belajar Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Jurusan Akuntansi Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2010/2011

Listyowati, Dwi Ariani (2012) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penerapan Metode Pemberian Tugas Dan Pemanfaatan Waktu Belajar Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Jurusan Akuntansi Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa tentang penerapan metode pemberian tugas terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) pengaruh pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) pengaruh persepsi siswa tentang penerapan metode pemberian tugas dan pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi Tahun Ajaran 2010/2011 dengan julmah seluruhnya 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 92 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang penerapan metode pemberian tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,792 > 1,987 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,460 > 1,987 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Persepsi siswa tentang penerapan metode pemberian tugas dan pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 34,361 > 3,099 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel persepsi siswa tentang penerapan metode pemberian tugas memberikan sumbangan efektif 19,5%. Variabel pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran memberikan sumbangan efektif 24,1%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 43,6%, sedangkan 56,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa tentang penerapan metode pemberian tugas, pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran dan prestasi belajar akuntansi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 08:38
Last Modified: 04 Sep 2012 08:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19733

Actions (login required)

View Item View Item