Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Metode Role Game Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011

Prabandari, Wendya (2011) Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Metode Role Game Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Secara umum tujuan ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak melalui role game. Tujuan umum tersebut dikembangkan dengan tujuan khusus, yaitu: 1) mengidentifikasikan perkembangan motorik halus siswa Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Sragen melalui metode role game; 2) mengetahui peningkatan motorik halus siswa Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Sragen melalui metode role game. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi. Instrumen penelitian adalah metode role game, motorik halus, upaya. Pengembangan instrumen menggunakan teknik triangulasi data yang digunakan untuk mengkonfirmasi data satu dengan yang lain. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) permainan role game melipat kertas terdiri dari aktivitas melipat kertas menjadi sesuatu. Kegiatan melipat kertas memberikan stimulasi kepada siswa untuk aktif dimana keaktifan tersebut wujud dalam bentuk tindakan melipat, perhatian diwujudkan dalam bentuk mengikuti penjelasan yang diuraikan guru, serta minat dalam bentuk keinginan yang kuat dari siswa tentang permainan melipat kertas; 2) pada proses permainan role game berdasarkan identifikasi ada peningkatan motorik halus yang dimiliki anak yang diukur berdasarkan kemampuan melipat daya terampil ketepatan melipat dan kecepatan melipat; 3) pada proses pembelajaran dengan permainan role game berdampak pada kebebasan beraktifitas bagi siswa, namun tetap terkontrol berdasarkan aturan-aturan yang digunakan dalam permainan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Role Game
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 08:21
Last Modified: 04 Sep 2012 08:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19731

Actions (login required)

View Item View Item