Kebiasaan Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ips Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

Nofiamiroh, Nofiamiroh (2011) Kebiasaan Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ips Ekonomi Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPS ekonomi siswa; 2) pengaruh kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPS ekonomi siswa; 3) pengaruh kebiasaan belajar dan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar IPS ekonomi siswa Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan analisis statistik untuk pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP AL Islam I Surakarta yang berjumlah 165 orang siswa. Sampel yang diambil sebesar 100 orang siswa (60%) dari populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F,uji t, uji R2, serta sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 76,790 + 0,783.X1 + 1,471.X2. Artinya hasil belajar IPS Ekonomi siswa dipengaruhi oleh kebiasaan belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1) Kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi yang memperoleh nilai thitung > ttabel (5,887 > 1,980) pada taraf signifikansi 5%; 2) Kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi yang memperoleh nilai thitung > ttabel (5,198 > 1,980) pada taraf signifikansi 5%; 3) Kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung (52,738) diterima pada taraf signifikansi 5%. Variabel kebiasaan belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 28,3%, sedangkan variabel kemampuan berpikir kritis memberikan sumbangan efektif sebesar 23,8% terhadap hasil belajar IPS Ekonomi. Secara keseluruhan kebiasaan belajar dan kemampuan berpikir kritis memberikan sumbangan efektif sebesar 52,1% terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa. Sisanya 47,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan belajar, kemampuan berfikir kritis, hasil belajar IPS ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 07:50
Last Modified: 04 Sep 2012 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19730

Actions (login required)

View Item View Item