Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Celemek Cerita Pada Kelompok A Di Tk Aisyiyah Ranting Pabelan Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah Ranting Pabelan Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011

Pratiwi, Dinda (2011) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Celemek Cerita Pada Kelompok A Di Tk Aisyiyah Ranting Pabelan Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di TK Aisyiyah Ranting Pabelan Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)

Abstract

Kecerdasan verbal linguistik anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran di dalam kelas hendaknya harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik adalah dengan bercerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan verbal linguistik melalui kegiatan bercerita dengan celemek cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak TK A di TK Aisyiyah Ranting Pabelan, pada semester II tahun ajaran 2010/2011. Adapun jumlah murid pada siswa di TK Aisyiyah Ranting Pabelan sejumlah 24 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur, yang terdiri dari tiga alur: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil prosentase pada akhir siklus I aspek menyimak secara efektif sebesar 49,92% (12 anak), pada aspek berbicara secara efektif dengan berbagai pendengar sebesar 54,08% (13 anak), kemudian mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik 45,76% (11 anak), pandai menyusun kata 54,08% (13 anak), dan memiliki daya ingat yang kuat 45,76 (11 anak). Setelah pada siklus II semakin meningkat, yaitu pada aspek menyimak secara efektif menjadi 87,36% (21 anak), berbicara secara efektif dengan berbagai pendengar 83,2% (20 anak), mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik 79,04% (19 anak), pandai menyusun kata 83,2% (20 anak) dan memiliki daya ingat yang kuat 83,2% (20 anak). Keberhasilan dalam peningkatan kecerdasan verbal linguistik ini juga didukung oleh kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kegiatan bercerita dengan menggunakan celemek cerita dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, media celemek cerita, peningkatan kecerdasan verbal linguistik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Sep 2012 07:02
Last Modified: 04 Sep 2012 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19726

Actions (login required)

View Item View Item