Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Based Learning Dan Team Quiz Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Siswa (Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)

Nastiti, Galuh Endar (2012) Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Based Learning Dan Team Quiz Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Siswa (Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab1.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] PDF (Bab V)
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lanpiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek penggunaan metode Problem Based Learning dan Team Quiz terhadap prestasi belajar siswa, (2) efek kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara motode pembelajaran dan kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Teras sebanyak enam kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian, diperoleh: (1) ada perbedaan efek penggunaan antara metode Problem Based Learning dan Team Quiz terhadap prestasi belajar siswa, dengan a F = 4,371, (2) ada efek kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan b F = 4,226, (3) tidak ada interaksi antara motode pembelajaran dan kemampuan komunikasi siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan ab F = 0,050.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Team Quiz, dan kemampuan komunikasi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Sep 2012 05:29
Last Modified: 04 Sep 2012 05:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19718

Actions (login required)

View Item View Item