Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Snow Ball ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Sragen )

Larasati, Dwi (2012) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Snow Ball ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 3 Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (694kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Snow Ball. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMP Negeri 3 Sragen. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII B. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Snow Ball dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika sebelum tindakan 31,25 % meningkat sebanyak 75 % pada akhir tindakan; 2) keinginan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 25 %. meningkat sebanyak 71,87 % pada akhir tindakan; 3) kemauan siswa mengerjakan soal latihan yang diberikan guru sebelum tindakan 25 % meningkat sebanyak 68,75 % pada akhir tindakan;4) prestasi belajar matematika siswa sebelum tindakan 37,50 % meningkat sebanyak 84,37 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan Snow Ball dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: f
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Snow Ball
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Sep 2012 09:37
Last Modified: 03 Sep 2012 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19714

Actions (login required)

View Item View Item