Peningkatan Keberanian Dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Cooperative Script (PTK Siswa Kelas VII di MTs PPMI Assalaam)

Rianto, Joko (2012) Peningkatan Keberanian Dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Cooperative Script (PTK Siswa Kelas VII di MTs PPMI Assalaam). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LampiranQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_JOKO_R.pdf

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi cooperative script. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII I MTs PPMI Assalaam yang berjumlah 32 siswa laki - laki. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ada peningkatan keberanian dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika tentang materi ajar persamaan linear satu variabel. Hal ini dapat dilihat dari indikator penelitian 1. Keberanian Siswa : a) berani mencoba hal – hal baru, sebelum tindakan 12,5%, setelah tindakan 71,87%, b) berani mengemukakan pendapat, sebelum tindakan 21,87%, setelah tindakan, 81,25%, c) mampu mengendalikan rasa takut, sebelum tindakan 15,62%, setelah tindakan 71,87%, d) berani menghadapi tantangan, sebelum tindakan 25%, setelah tindakan 75%. 2.Tanggung jawab Siswa : a) menyelesaikan tugas dengan sungguh - sungguh, sebelum tindakan 18,75%, setelah tindakan 84,37%, b) menepati janji, sebelum tindakan 31,25%, setelah tindakan 81,25%, c) menerima akibat dari perbuatan, sebelum tindakan 28,12%, setelah tindakan 87,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan keberanian dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika tentang persamaan linear satu variabel

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keberanian, tanggung jawab, cooperative script
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 Sep 2012 08:42
Last Modified: 03 Sep 2012 08:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19712

Actions (login required)

View Item View Item