Analisis Kesiapan Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Matematika Dalam Menghadapi Microteaching Di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2012

Syarofa, Syarofa (2012) Analisis Kesiapan Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Matematika Dalam Menghadapi Microteaching Di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (238kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan mahasiswa FKIP Matematika UMS 2012 menghadapi microteaching yang meliputi : (1) Kondisi mahasiswa FKIP Matematika untuk persiapan microteaching, (2) Peran dan usaha mahasiswa dalam menghadapi microteaching, (3) Ketrampilan mahasiswa dalam praktek pengajaran microteaching. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan adalah Kepala Laboratorium Microteaching, dosen mata kuliah microteaching, mahasiswa FKIP Matematika UMS. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian (1) Hasil pengamatan menyatakan bahwa mahasiswa FKIP Matematika belum siap dalam menghadapi microteaching ditinjau dari aspek kognitif yaitu kurangnya pemahaman materi yang dimiliki mahasiswa menjadikan mahasiswa tidak menunjukkan performa maksimal dalam pengajaran sehingga akan berpengaruh pada mental yang kurang, disamping itu, kurangnya pengetahuan tentang macam-macam metode pembelajaran dan pemberian apersepsi yang kurang inovatif menjadikan proses kegiatan belajar mengajar membosankan. (2) Mahasiswa memiliki peran sebagai praktikan untuk mengajar dan diajar. Usaha yang harus dipersiapkan dalam microteaching meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Segala aspek saling berkesinambungan, sehingga perlu penguasaan disegala aspeknya untuk mencapai tujuan. (3) Microteaching memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa meliputi : latihan ketrampilan terbatas dan latihan ketrampilan terpadu

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: microteaching, kesiapan, mahasiswa, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 30 Aug 2012 09:46
Last Modified: 30 Aug 2012 09:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19703

Actions (login required)

View Item View Item