Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning (PTK di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Kelas VII Tahun 2011/2012)

Ahmad, Immawan Syafrida (2012) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning (PTK di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali Kelas VII Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (806kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Quantum Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitan kualitatif dengan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali, yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan observasi terus menerus dan triangulasi data. Teknik analisis data dengan metode alur dimana meliputi pengumpulan data, pengujian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator peningkatan motivasi belajar siswa meliputi: a) Bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan dan mengungkapkan ide sebelum tindakan 9,375% dan di akhir tindakan 78,125 %. b). Antusiasme mengerjakan soal latihan didepan kelas sebelum tindakan 12,5% dan di akhir tindakan 62%, c). Aktif dalam kelompok diskusi sebelum tindakan 25% dan di akhir tindakan 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Ngemplak Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, Quantum learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 30 Aug 2012 09:21
Last Modified: 30 Aug 2012 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19701

Actions (login required)

View Item View Item