ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR CONSUMER GOODS DENGAN PENDEKATAN EVA (ECONOMIC VALUE ADDED) DI BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2000-2004

Hartati, Dheni (2008) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR CONSUMER GOODS DENGAN PENDEKATAN EVA (ECONOMIC VALUE ADDED) DI BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2000-2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B200030256.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

Investor di pasar modal akan melakukan evaluasi kinerja keuangan perusahaan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan laba. Economic Value Added (EVA) merupakan salah satu pengukuran kinerja yang memperhatikan secara tepat semua faktor-faktor yang berhubungan dengan penciptaan nilai (value). EVA mengukur nilai tambah (value creation) yang dihasilkan suatu perusahaan dengan cara mengurangi biaya modal (cost of capital) yang timbul sebagai akibat investasi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang go publik di Bursa Efek Jakarta dengan metode EVA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang go public di Bursa Efek Jakarta. Sampel yang diambil adalah 3 perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang terdaftar di BEJ. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Analisis data menggunakan teknik analisis kinerja keuangan dengan metode EVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perusahaan consumer goods telah berhasil menciptakan nilai tambah bagi untuk investor dan dapat meningkatkan nilai perusahaan. Terbukti dari hasil analisis kinerja keuangan dengan pendekatan Economic Value Added (EVA) yang memperoleh nilai rata-rata EVA yang positif yaitu sebesar Rp. 199.257. (2) Penilaian kinerja keuangan melalui pendekatan EVA efektif dalam mengukur kinerja perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEJ.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Consumer goods, Economic Value Added, Value Creation, Kinerja Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Aug 2008 06:38
Last Modified: 09 May 2011 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item