Peningkatan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Quick On The Draw Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Sarjuniningsih, Fajar (2012) Peningkatan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Quick On The Draw Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (451kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (383kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi matematika dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat melalui strategi Quick on The Draw dengan memanfaatkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus. Subyek penerima adalah siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 39 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah komunikasi matematika dan prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematika dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi matematika meliputi: 1) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 12,82% meningkat menjadi 46,15% pada akhir tindakan, 2) Mengungkapkan ide sebelum tindakan 5,13% meningkat menjadi 41,03% pada akhir tindakan, 3) Kerjasama dengan kelompok sebelum tindakan 30,77% meningkat menjadi 87,18% pada akhir tindakan, 4) Mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan 7,69% meningkat menjadi 38,46% pada akhir tindakan. Hasil tes yang dilakukan sebelum dan di akhir tindakan menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar terlihat dari hasil belajar siswa secara tuntas mendapatkan nilai ≥ 65, sebelum tindakan sebesar 46,15% meningkat menjadi 82,05% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi Quick on The Draw dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi matematika dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematika, prestasi belajar, Strategi Quick on The Draw, alat peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 Aug 2012 09:35
Last Modified: 29 Aug 2012 09:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19694

Actions (login required)

View Item View Item