Widiyaningsih, Puput (2012) Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas VII DI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (698kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_-_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (523kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas siswa dengan pendekatan kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 28 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas VII D. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode observasi, catatan lapang, review, metode test dan metode dokumentasi. Tehnik analisis data di laksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu a) kreativitas bertanya dan menggunakan ide sebelum di adakan tindakan 14,28% meningkat menjadi 71,42% b) Kreativitas mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum di adakan tindakan 21,42% meningkat menjadi 64,28% c) Kreativitas memberikan tanggapan jawaban siswa lain sebelum di adakan tindakan 10,71% meningkat menjadi 60,71% d) Kreativitas memanfaatkan sumber belajar yang ada sebelum di adakan tindakan 25,00% meningkat menjadi 67,85% dan adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebelum di adakan tindakan 35,71% meningkat menjadi 75,00%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pendekatan kooperatif TPS dapat meningkatkan kreativitas pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, TPS (Think Pair Share), Pendekatan kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 04:47 |
Last Modified: | 29 Aug 2012 05:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19668 |
Actions (login required)
View Item |