Analisis Kemampuan Siswa SMP Dalam Menerjemahkan Soal Cerita Ke Dalam Model Matematika Dan Penyelesaiannya (Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Ceper Tahun Ajaran 2011/ 2012)

Hidayati, Hidayati (2012) Analisis Kemampuan Siswa SMP Dalam Menerjemahkan Soal Cerita Ke Dalam Model Matematika Dan Penyelesaiannya (Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Ceper Tahun Ajaran 2011/ 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (527kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (804kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa Sekolah Menengah Pertama dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam model matematika dan penyelesaiannya serta mengetahui letak kesalahan pada penyelesaian soal cerita khususnya pada pokok bahasan kubus dan balok. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Ceper yang berjumlah 36 siswa, subjek pelaksana adalah peneliti dan subjek yang membantu pelaksana adalah guru matematika. Data yang dikumpulkan melalui Metode Tes, Metode Wawancara, dan Metode Dokumentasi. Prosedur penelitian ini ditempuh melalui 3 alur yaitu studi persiapan, studi eksplorasi umum, dan studi eksplorasi khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan siswa dalam menerjemahkan soal cerita ke dalam model matematika sebesar 82% tergolong sangat tinggi, kemampuan siswa dalam menyelesaikan langkah perhitungan sebesar 67% tergolong tinggi dan kemampuan siswa dalam menyimpulkan jawaban sebesar 56% tergolong sedang. Kesalahan yang dilakukan siswa pada penelitian ini terjadi pada pemahaman soal , ketidaktelitian siswa dalam membaca soal, serta kesalahan dalam menghitung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: matematika, kemampuan, soal cerita, model matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Aug 2012 05:30
Last Modified: 28 Aug 2012 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19649

Actions (login required)

View Item View Item