Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Panduan Kriteria Watson

Chrisnawati, Unga Nastalifa (2012) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Panduan Kriteria Watson. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengetahui jenis-jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang lingkaran., (ii) Mengetahui persentase kesalahan yang dialami siswa dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan khususnya pada pokok bahasan lingkaraan dengan panduan kriteria watson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VIIIa SMP Negeri 2 Karanggede, sedangkan penelitian diadakan pada siswa Kelas VIIIb SMP Negeri 2 Karanggede.metode pengumpulan data yang digunakan me tode tes,metode wawancara, dan metode dokumentasi. . Untuk menghitung validitas soal menggunakan rumus korelasi product momen, sedangkan menghitung reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan persentase. Test disini adalah berupa soal-soal yang memuat pokok bahasan lingkaran. Dari hasil analisis diperoleh bahwa Persentase untuk kesalahan tipe data tidak tepat sebesar 22%,Persentase untuk kesalahan tipe prosedur tidak tepat sebesar 53%, Persentase untuk ke salahan tipe data hilang sebesar 16%, Persentase untuk kesalahan tipe kesimpulan hilang sebesar 34%, Persentase untuk kesalahan tipe konflik level respon sebesar 9%, Persentase untuk kesalahan tipe masalah hirarki ketrampilan sebesar 7%. Dari data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, dan wawancara terlihat bahwa kesalahan tipe prosedur tidak tepat merupakan kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa yang disebabkan karena siswa tidak membiasakan diri meyelesaikan soal dengan prosedur penyelesaian soal dalam hal ini prosedur yang digunakan yaitu kriteria Watson. Kebanyakan siswa begitu memahami soal langsung menjawabnya tidak merencanakan penyelesaiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan, Kriteria Watson, Lingkaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Aug 2012 07:26
Last Modified: 27 Aug 2012 07:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item