Hubungan Keaktifan Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Prasetya,, Danang (2012) Hubungan Keaktifan Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (295kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (492kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura; 2) Hubungan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura; 3) Hubungan antara keaktifan dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan menggunakan total siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,007 + 0,451X1 + 0,528X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika berhubungan dengan keaktifan dan kedisiplinan belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Keaktifan berhubungan signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,294 > 2,037 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,029 dengan sumbangan efektif sebesar 28,08%; 2) Kedisiplinan belajar siswa berhubungan signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,565 > 2,037 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,015, dengan sumbangan efektif sebesar 31,92%; 3) Keaktifan dan kedisiplinan belajar siswa berhubungan signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,955 > 3,295 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,600 menunjukkan bahwa besarnya hubungan keaktifan dan kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kartasura adalah sebesar 60%. Sedangkan untuk 40% sisanya adalah yang berhubungan dengan variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Kedisiplinan Belajar Siswa dan Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 Aug 2012 08:43
Last Modified: 15 Aug 2012 08:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19628

Actions (login required)

View Item View Item