Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 )

Wulandari, Rani Arum (2012) Penggunaan Active Knowledge Sharing Dengan Mengoptimalkan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Dan Volume Pada Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gondang Tahun Ajaran 2011/2012 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan penggunaan Active Knowledge Sharing dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep luas dan volume pada kubus dan balok. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII B, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VIII B SMP Negeri 2 Gondang sebagai pemberi tindakan, serta siswa kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif memakai metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) adanya peningkatan kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 60%; 2) adanya peningkatan kemampuan menggunakan model metematisasi dari sebelum tindakan 6,7% dan akhir tindakan 63,3%; 3) adanya peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan masalah dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 76,7%; dan 4) adanya peningkatan kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep dari sebelum tindakan 30% dan akhir tindakan 93,3%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Knowledge Sharing,media pembelajaran,barang bekas,pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 Aug 2012 06:51
Last Modified: 15 Aug 2012 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19619

Actions (login required)

View Item View Item