Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Strategi Penemuan Terbimbing Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri 1 Tanon Sragen)

Atmaja, Andrew Surya (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Strategi Penemuan Terbimbing Melalui Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Media Pembelajaran (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII MTs Negeri 1 Tanon Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.Halaman_Depan.pdf

Download (506kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAmpiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
2._Naskah_Publikasi.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dengan strategi penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa sebaga media pembalajaran. Pendekatan penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Sedangkan desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII G MTs Negeri Tanon yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dengan strategi penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran yang meliputi : a) kreativitas siswa dalam merumuskan soal sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 0 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,8 %, b) siswa yang mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 6,06 % dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 72,7 %, c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan menyelesaikan soal-soal latihan di depan kelas sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 15,1 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 78,7 %, d) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi pelajaran meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep, memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 21,2 % dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 81,8 %. (2) Adanya peningkatan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai siswa lebih dari sama 62 (≥ 62) sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 45,4% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 84,8%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, penemuan terbimbing, lembar kerja siswa, media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Aug 2012 09:21
Last Modified: 14 Aug 2012 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19609

Actions (login required)

View Item View Item