Aspek Pendidikan Nilai Religius Dalam Tradisi Budaya Rodad (Studi Kasus di Desa Kalimati Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali)

Kurniawan , Yusuf Wawan (2012) Aspek Pendidikan Nilai Religius Dalam Tradisi Budaya Rodad (Studi Kasus di Desa Kalimati Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (314kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk untuk mengetahu aspek pendidikan nilai religius pada tradisi budaya Rodad yang ada di Desa Kalimati Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Subjek pelaksanaan tindakan adalah tardisi budaya Rodad dan semua masyarakat Desa Klimati yang terlibat dalam tardisi budaya Rodad ini. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya tardisi budaya Rodad dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari sesepuh tradisi budaya Rodad dan Kepala Desa Kalimati, dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif. Prosedur dalam penelitian ini terbagi menjadi berbagai tahap seperti memilih masalah, studi pendahuluan, merumuskan masalah, merumuskan anggapan dasar, memilih pendekatan, menentukan variabel, menyusun instrumen, mengumpulkan data, analisis data, menarik kesimpulan, dan menulis laporan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek pendidikan nilai dan religius dalam tradisi budaya Rodad di Desa Kalimati Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Dalam pelaksanaan tradisi ini masih terdapat unsur religi dengan adanya sesaji yang digunakan untuk persembahan leluhur mereka, aspek pendidikan yang terdapat pada tradisi budaya Rodad merupakan sarana untuk masyarakat Desa kalimati terkusus bagi para pelajar dan pemuda untuk melestarikan budaya Rodad yang merupakan salah satu dari budaya Indonesia yang masih lestari sampai sekarang. Masyarakat masih terdapat adanya sinkretisme agama dimana dalam tradisi ini masih ada penggabungan paham yang berbeda antara religi dengan agama islam, maka dari itu masyarakat umum terutama bagi yang beragama islam untuk tetap memelihara dan meningkatkan keimanan kepada allah SWT serta menjauhkan diri dari sifat sirik yang dapat merusak aqidah. Akan tetapi warga harus dapat menangkap nilai positif dari tradisi budaya Rodad.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan nilai, Nilai Religius, Rodad, Pembelajaran PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Aug 2012 07:36
Last Modified: 14 Aug 2012 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19605

Actions (login required)

View Item View Item