Penggunaan Media Audio Dan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PKN Materi Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

Tomi Setiawan, Tomi Setiawan (2012) Penggunaan Media Audio Dan Metode Diskusi Tipe Buzz Group Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar PKN Materi Proklamasi Kemerdekaan Dan Konstitusi Pertama Pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (608kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn materi Poklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012 melalui penggunaan media Audio dan metode diskusi tipe Buzz Group. Kurangnya keaktifan siswa disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional yaitu metode ceramah dan tanya jawab. Solusi dalam mengatasi hal tersebut yaitu dengan penggunaan media Audio dan metode diskusi tipe Buzz Group. Subjek penelitian yang menerima tindakan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A yang berjumlah 24 siswa. Prosedur penelitian ini secara garis besar melalui empat tahapan antara lain, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan metode observasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu, sumber data yang berupa informasi dari guru PKn dan siswa Kelas VII A, dan triangulasi teknik pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh perincian sebagai berikut, pada kondisi awal sebelum tindakan, yang aktif 6 siswa (25%) dan yang pasif 18 siswa (75%) dari 24 siswa, kemudian setelah penelitian tindakan pada siklus I, yang aktif 12 siswa (50%) dan yang pasif 12 siswa (50%) dari 24 siswa. Pada tindakan siklus II, yang aktif 18 siswa (75%) dan yang pasif 6 siswa (25%) dari 24 siswa yang hadir. Berdasarkan hasil tersebut, maka melalui penggunaan media Audio dan metode diskusi tipe Buzz Group terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar PKn materi Poklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Andong Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio, Diskusi Tipe Buzz Group, Keaktifan Belajar Siswa, Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Aug 2012 06:27
Last Modified: 14 Aug 2012 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19602

Actions (login required)

View Item View Item