Pengaruh Latihan Bladder Training Terhadap Penurunan Inkontinensia Pada Lanjut Usia Di Panti Wreda Dharma Bakti Surakarta

Wulandari, Sri (2012) Pengaruh Latihan Bladder Training Terhadap Penurunan Inkontinensia Pada Lanjut Usia Di Panti Wreda Dharma Bakti Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (986kB)

Abstract

Pada lanjut usia sering terjadi masalah “empat besar” yang memerlukan perawatan segera, yaitu : imobilisasi, ketidakstabilan, gangguan mental, dan inkontinensia. Masalah inkontinensia tidak disebabkan langsung oleh proses penuaan, pemicu terjadinya inkontinensia pada lanjut usia adalah kondisi yang sering terjadi pada lanjut usia yang dikombinasikan dengan perubahan terkait usia dalam sistem urinaria. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi inkontinensia urine pada lanjut usia antara lain dengan pemberian latihan bladder training. Prevalensi inkontinensia pada lanjut usia wanita di Asia cukup tinggi yaitu sebesar 38% dan pria 19%. Hasil wawancara dengan pegawai panti wreda dharma bakti surakarta pada bulan desember 2011, terdapat 43 lansia yang mengalami inkontinensia dari 85 lansia yang tinggal di panti, atau prevalensinya mencapai 50,58%. Dari pihak panti belum melakukan penatalaksanaan untuk mengatasi inkontinensia, termasuk salah satunya dengan bladder training. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh latihan bladder training terhadap penurunan inkontinensia pada lanjut usia di Panti Wredha Dharma Bakti Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dan design non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah lanjut usia di panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta yang berjumlah 43 lanjut usia dan sample penelitian ditentukan sebanyak 24 lanjut usia yang dibagi dalam kelompok perlakuan yaitu kelompok yang diberikan latihan bladder training dan kelompok kontrol yang tidak diberikan latihan apapun. Instrument penelitian berupa lembar observasi frekuensi berkemih lanjut usia dalam kurun waktu 12 jam pengamatan. Metode analisis uji adalah uji paired t-test (uji beda rata-rata). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Rata-rata frekuensi berkemih lanjut usia di Panti Wredha Dharma Bhakti sebelum pemberian latihan bladder training pada kelompok perlakuan adalah 8,25 kali per 12 jam dan pada kelompok kontrol 8,08 kali per 12 jam, (2) rata-rata frekuensi berkemih lanjut usia di panti Wredha Dharma Bhakti sesudah pemberian latihan bladder training pada kelompok perlakuan adalah 4,92 kali per 12 jam dan pada kelompok kontrol 8,25 kali per 12 jam, dan (3) hasil uji t-test pre test frekuensi berkemih diperoleh nilai thitung sebesar 0,343 dengan p-value 0,735, maka H 0 diterima disimpulkan bahwa frekuensi berkemih awal (pre test) pada kedua kelompok tidak berbeda (matching), sedangkan pada akhir (post test) berbeda dengan nilai thitung sebesar 7,348 dengan p-value 0,000, maka H 0 ditolak, disimpulkan bahwa post test frekuensi berkemih antara kelompok perlakuan dan kontrol berbeda. Dimana rata-rata post test kelompok perlakuan lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh latihan bladder training terhadap inkontinensia pada lanjut usia di Panti Wreda Dharma Bakti Surakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lanjut usia, inkontinensia urine, bladder training, frekuensi berkemih, panti wreda
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2012 05:50
Last Modified: 14 Aug 2012 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19599

Actions (login required)

View Item View Item