Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Pasien Hipertensi Untuk Melakukan Kunjungan Perawatan Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Surakarta

Setya Jati , Dwi Nursanti (2012) Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Pasien Hipertensi Untuk Melakukan Kunjungan Perawatan Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (907kB)

Abstract

Hipertensi merupakan masalah kesehatan masyarakat yang umum di negara berkembang. Di Indonesia sendiri kesadaran dan pengetahuan tentang penyakit hipertensi masih sangat rendah, sehingga dukungan keluarga terhadap anggota keluarga penderita hipertensi juga rendah, hal ini terbukti masyarakat lebih memilih makanan siap saji yang umumnya rendah serat, tinggi lemak, tinggi gula, dan mengandung banyak garam. Seorang penderita hipertensi, dukungan keluarga berperan sangat penting untuk menjaga dan mengontrol agar tekanan darah tidak meningkat dan diharapkan bisa kembali normal.dan motivasi pasien yang bersangkutan untuk mau bertindak agar penyakit hipertensinya tidak kambuh kembali. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap motivasi pasien hipertensi untuk melakukan kunjungan perawatan di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Islam Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian deskriptif korelatifdengan menggunakan jenis penelitian cross sectional.Populasi penelitian adalah pasien hipertensi yang berobat di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Surakarta sebanyak 460 pasien. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode sequensial sampling, diperoleh 82 responden. Instrument penelitian berupa kuesioner dukungan keluarga, motivasi pasien hipertensi dalam melakukan kunjungan perawatan. Analisis data menggnakan Chi Squarehasil penelitian menunjukkan 19 responden (23,2%) mendapat dukungan keluarga yang tinggi, 42 responden (51,2%) mendapat dukungan yang sedang, dan 21 responden (25,6%) mendapat dukungan keluarga yang rendah. Motivasi responden diketahui 22 responden (26,8%) mempunyai motivasi yang baik, 37 responden (45,1%) mempuyai motivasi sedang dan 23 responden (28%) mempunyai motivasi yang kurang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai χ2 = 39,512 p= 0,001 (p<0,05) kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi pasien hipertensi yang melakukan perawatan di poliklinik rawat jalan di Rumah Sakit Islam Yarsis Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Keluarga, Motivasi, Hipertensi, Kunjungan Perawatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2012 05:28
Last Modified: 14 Aug 2012 05:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19598

Actions (login required)

View Item View Item