Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Kelas Viii Ditinjau Dari Aspek Kognitif

SUBANDRIAH , MARLINA RATNA (2012) Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Kelas Viii Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
daftar_pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (629kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian aspek kognitif pada buku ajar dengan menggunakan Surveys of Enacted Curriculum (SEC). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tiga buah buku ajar yang terdiri dari satu Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan dua Buku Sekolah Non Elektronik (Non BSE). Penelitian kualitatif merupakan kegiatan pemecahan masalah yang ditempuh melalui: 1) Studi persiapan, 2) Studi eksplorasi umum, dan 3) Studi eksplorasi khusus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku ’Matematika Konsep dan Aplikasinya’, ‘Seribu Pena Matematika’, dan ‘Matematika Bermakna’ masing-masing memiliki: 1) 10,92 %, 14,99 % dan 9,30 % soal tingkat Memorize, 2) 60,64 %, 71,45 % dan 47,73 % soal tingkat Perform Procedure, 3) 25,61 %, 11,49 % dan 36,34 % soal tingkat Demonstrate Understanding, 4) 2,64 %, 0,96 % dan 9,01 % soal tingkat Conjecture/ Generalize/ Prove, dan 5) 0,19 %, 1,12 % dan 2,62 % soal tingkat Solve Non-Routine Problems. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa soal-soal pada buku ajar tersebut masih berada pada tingkat kognitif yang rendah hingga menengah. Peraturan pemerintah mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengisyaratkan terpenuhinya aspek kognitif sebagai salah satu aspek penting dalam pendidikan. Ketercapaian sebuah buku dilihat dari soal-soal dalam buku tersebut. Banyaknya soal-soal yang berada dalam tingkat berfikir rendah turut mempengaruhi ketercapaian aspek kognitif yangtelah ditetapkan oleh Pemerintah. Aspek kognitif dikatakan dapat terpenuhi bila peserta didik dapat mencapai tingkat berfikir tinggi. Hal tersebut mengindikasikan bahwa soal-soal pada buku tersebut belum dapat merefleksikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kognitif, Surveys of Enacted Curriculum(SEC), Buku Sekolah Elektronik, Buku Sekolah Non Elektronik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 11:34
Last Modified: 10 Aug 2012 11:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19575

Actions (login required)

View Item View Item